Cara Cepat Olahraga Untuk Diet atau Menurunkan Berat Badan

Olahraga untuk diet seperti yg telah banyak diketahui bahwa terdapat berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Dewasa ini, informasi yang di sampaikan pun telah tersebar melalui acara tv, buku ataupun media online. Mulai program diet modern hingga dengan cara tradisional yang alami, semua telah banyak tersedia. Tergantung pada para pasien, ingin menggunakan metode seperti apa.

Jika pada kesempatan yang lalu, saya mencoba mengulas tentang cara diet sehat untuk menurunkan berat badan dan beberapa kumpulan menu diet sehat. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu referensi, jikalau kamu ingin menggunakan program diet dengan cara alami. Metode lainnya yang dapat dijadikan pendukung guna kegiatan tersebut ialah melalui olahraga. Siapa yang tak suka dengan olahraga? saya rasa cukup banyak yang tak menyukainya. Sebetulnya secara teori dengan melakukan aktivitas, tubuh dapat membakar kelebihan lemak yang tertimbun pada bagian-bagian tubuh yang diinginkan lebih cepat. Pada dasarnya kegiatan olahraga yang dilakukan tak perlu berat sifatnya, lain halnya jika kamu ingin membesarkan massa otot pada tubuh kamu. Tak perlu lakukan olahraga yang rumit, untuk program diet kamu hanya cukup lakukan beberapa olahraga diet atau senam menurunkan berat badan

Aktifitas pembakaran lemak tubuh yang diperlukan sebetulnya cukup mudah. Jika kamu tau dari beberapa kegiatan rutinitas sehari-hari yang rutin dilakukan pun, sebenarnya ikut berpengaruh besar dalam proses menurunkan berat badan atau menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing ideal. Beberapa kegiatan rumahan yang dapat dilakukan antara lain seperti bersih-bersih, mencuci pakaian secara manual (tidak menggunakan mesin), berjalan kaki ketempat yang jaraknya dekat, memasak didapur serta melakukan beberapa gerakan olahraga tatkala waktu luang. Akan tetapi dari segala aktifitas fisik tersebut tidaklah dirasa cukup. Pasalnya latihan fisik sejenis olahraga atau senam semestinya diikuti pula dengan senam pernapasan, pelenturan sendi dan otot serta relaksasi pikiran. Boleh dipercaya atau tidak, kesehatan pikiran/mental, kelancaran peredaran darah, kelenturan otot/sendi, serta pengaturan pernapasan berhubungan dengan upaya dalam mendapatkan atau mempertahankan bentuk tubuh agar tetap langsing. Pasalnya kondisi tubuh yang demikian dirasakan akan jauh lebih baik dalam upaya melangsingkan tubuh, sebabnya dengan pikiran yang tenang dan kinerja organ tubuh yang berjalan lancar, maka lemak-lemak akan lebih mudah dan cepat dibakar oleh tubuh. Kemudian secara otomatis, kamu dapat mengontrol pikiran untuk pola nafsu makan. Dalam konten artikel saya kali ini, saya mencoba memaparkan berbagai jenis kegiatan atau latihan yang dapat berguna sebagai cara menguruskan badan secara alami. Tertarik ingin mencobanya? simak dalam ulasan berikut ini.

Pada malam hari ini, saya mencoba mengulas perihal cara cepat olahraga untuk diet atau menurunkan berat badan. Semoga apa yang nantinya dijelaskan dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya, tentang aneka tips mudah cara cepat sehat dan cantik alami.
olahraga
olahraga untuk diet

Seperti pada pembahasan diatas, olahraga yang dilakukan untuk proses diet tidaklah sama dengan yang diperuntukkan khusus pembesaran massa otot. Jika untuk pembesaran otot, biasanya identik dengan melakukan pengangkatan beban besi yang cukup berat. Namun lain halnya dengan diet, jika kamu suka dengan olahraga gym, kamu dapat request pada instruktur agar didampingi dan biasanya kamu diminta untuk melakukan beberapa gerakan pengangkatan beban yang tak terlalu berat dan lazimnya lebih banyak jumlah setnya. Bila kamu memilih olahraga lain bisa dengan mencoba kegiatan senam, kamu juga dapat mengikuti beberapa kelas senam aerobik ataupun zumba yang tengah populer saat ini.

Sebetulnya perlu kamu ketahui, bahwa sebetulnya banyak latihan atau teknik dasar yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Beberapa gerakan sederhana tersebut dapat berguna bagi kamu yang ingin memiliki tubuh sehat dan langsing ideal yaitu dengan gerakan senam dan jenis-jenis olahraga yang tepat. Dikarenakan secara kebetulan saya mempunyai seorang ibu yang berprofesi sebagai instruktur senam di Jakarta, sehingga saya memiliki sedikit pengetahuan yang telah diajarkan oleh beliau tentang beberapa teknik gerakan senam yang dapat membantu dalam proses diet. Gerakan dalam senam bertujuan untuk mengecilkan dan mengencangkan bagian-bagian tubuh tertentu yang memiliki timbunan lemak berlebih. Dimana kamu dapat memilih bagian tubuh mana yang ingin diolah dan menentukan gerakan senam yang sesuai untuk tujuan tersebut. Dan kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang beberapa gerakan senam yang dapat kamu lakukan,

1. Mengencangkan otot perut
  • Gerakan sit up, mulailah dari posisi berbaring. Kemudian letakkan kedua tangan kamu di belakang kepala sebagai penyangga kepala. Tekuk kedua lutut, kecangkan otot perut hingga terasa sambil mengangkat badan. Kemudian kembali berbaring, lalu angkat dan turunkan badan kamu. Lakukan sebanyak 12 kali untuk satu set, kamu dapat sesuaikan dengan kemampuan kamu sebagai tahap awal lakukan sebanyak dua set.
  • Gerakan mengayun, pertama berbaringlah dengan santai. Angkat kedua kaki kamu dan gerakkan seperti sedang menganyuh sepeda. Lakukan gerakan ini beberapa lama sesuaikan dengan kekuatan fisik kamu.
  • Gerakan duduk dan mengangkat kaki, duduklah dengan kedua kaki lurus ke depan dan kedua tangan menempel di lantai di sisi kanan dan kiri tubuh. Kecangkan otot perut lalu angkat kedua kaki. Tahanlah beberapa detik, lalu turunkan kembali. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali, untuk pertama lakukan sekitar dua set saja.
2. Mengencangkan paha
  • Gerakan jalan di tempat, pertama ambil lah sikap berdiri tegak. Kemudian angkat kaki kamu tingi-tinggi secara bergantian, layaknya sedang berjalan di tempat.
  • Gerakan mengangkat kaki, berbaringlah dengan posisi miring. Gunakan salah satu tangan kamu untuk menopang kepala. Kemudian angkatlah salah satu kaki lurus-lurus hingga membentuk sudut 15 derajat. Angkat dan turunkan kaki kamu beberapa kali. Kemudian, gantii posisi kamu ke sisi beriikutnya untuk melatih kaki sebelahnya.
3. Mengencangkan lengan dan dada
  • Gerakan kupu-kupu, pertama ambil lah sikap tegak berdiri. Kemudian rentangkan kedua tangan kamu lurus ke sisi kanan dan kiri. Putarlah lebar-lebar kedua tangan kamu ke arah depan beberapa kali. Lakukanlah sebanyak satu set. Setelah itu, cobalah lakukan kembali dengan arah putaran yang berlawanan dari sebelumnya. Lakukan sebanyak satu set. Jika kamu sudah selesai, lakukan kembali dari awal sebanyak masing-masing satu set lagi. 
  • Gerakan push up, berbaringlah menghadap lantai. Angkat badan kamu dengan bertumpu pada kedua tangan dan lutut kamu. Luruskan tangan kamu sehingga badan terangkat ke atas, Kemudian tekuk siku kamu sehingga badan kamu menurun. Lakukan gerakan tersebut, sebanyak dua set sebagai permulaan awal.
  • Gerakan angkat beban, ambil lah posisi santai. Peganglah sebuah beban seperti barbel. Kemudian bentuk tangan seperti siku menghadap ke depan, angkat beban tersebut ke atas dan lalu turun hingga membentuk siku kembali. Lakukan terus dan rasakan pada otot-ototnya. Lakukan sebanyak dua set untuk masihng-masing tangan kanan dan kiri. 
4. Mengencangkan pinggul
    Untuk melatih otot pinggul kamu dapat lakukan bermain hula hoop. Dengan kamu lakukan 
    bermain hula hoop di pinggang, kamu dapat melatih kelenturan dan juga sangat baik untuk
    membakar lemak pada perut, pinggang dan panggul. Sehingga membuat tubuh terlihat lebih
    proposional. Teknik dan cara memainkan hula hoop adalah sebagai berikut,
  • Pertama berdirilah tegak dengan posisi kedua kaki terbuka dan lutut sedikit ditekuk.
  • Pegang hula hoop pada pinggang dengan salah satu sisinya ditempelkan pada punggung.
  • Kencangkan otot perut, lalu putarlah hula hoop berlawanan dengan arah jarum jam. Lepaskan tangan kamu. Gerakkan pinggul secara berputar mengikuti irama hula hoop sehingga hula hoop dapat berputar di pinggang kamu. Saat hula hoop dapat berputar di pinggang, angkat kedua tangan dengan siku di tekuk membentuk sudut 90'.
  • Ketika kamu bermain hula hoop, aturlah pernapasan dengan teratur.
*Tips untuk bermain hula hoop
Perlu ditekankan bahwa sebaiknya kamu melakukan permainan ini satu jam setelah makan. Kemudian pilihlah diameter hula hoop yang sesuai dengan tubuh kamu. 

Itulah beberapa gerakan atau teknik latihan sederhana yang dapat kamu lakukan dirumah. Cukup mudah bukan? ya, namun besar manfaatnya. Dengan latihan rutin dan teratur, tentu bukanlah suatu impian belaka jika memiliki tubuh langsing ideal. 

Seperti yang telah diketahui bahwa besar manfaat yang didapat dari olahraga. Tubuh sehat, stamina terjaga dan selalu tampil prima. Dengan cara latihan yang benar dan teratur, pastinya lemak dalam tubuh akan dibakar secara maksimal. Namun, agar kamu semangat dalam melakukannya ada baiknya kamu perlu juga tau seberapa besar kalori yang dibakar tersebut. Setiap olahraga tentu mempunyai tingkat kesulitan dan manfaat yang diperoleh bukan? ya, dengan memilih jenis olahraga apa saja yang cocok bagi kamu. Tak khayal akan membuat kamu senang dan nyaman dalam melakukannya. Berikut adalah beberapa jenis-jenis olahraga menurunkan berat badan yang dapat kamu pilih,
  • Bola tennis, bila kamu lakukan jenis olahraga ini dalam waktu 30 menit, kamu dapat membakar kalori 250-300. 
  • Basket, bila kamu bermain selama 30 menit tanpa berhenti, kamu telah membakar kalori didalam tubuh sebanyak 288 kalori.
  • Tinju, olahraga jenis ini memang cukup besar manfaatnya. Selain kamu dapat gunakan sebagai bela diri, kamu juga dapat membakar sekitar 300 kalori untuk tiap 30 menitnya.
  • Ice skating, melakukan jenis olahraga ini kamu dapat membakar sekitar 252 kalori tubuh dalam waktu hanya sekitar 30 menit saja.
  • Mendayung, untuk olahraga ini kamu dapat membakar sekitar 280 kalori untuk tiap 30 menitnya.
  • Panjat tebing, dengan melakukannya kamu dapat membakar sekitar 371 kalori untuk tiap menitnya.
  • Berlari, jenis olahraga yang banyak diminati ini memang dapat membakar sekitar 450 kalori.
  • Bersepeda, bila kamu lakukan olahraga ini, setiap 30 menitnya mampu membakar sekitar 300-400 kalori dan juga kamu dapat membentuk tubuh bagian paha dan betis dengan baik.
  • Berenang, disaat kamu lakukan olahraga ini seluruh bagian tubuh bekerja sehingga bila dilakukan selama 30 menit kamu sudah dapat membakar sekitar 360 kalori.
Setelah membaca sedikit penjelasan tentang beberapa jenis olahraga yang cepat membakar lemak dengan jumlah yang cukup besar. Tentunya kamu dapat memilih olahraga jenis apa yang cocok dengan kamu. Selain itu tujuan kamu mengetahui berapa jumlah kalori yang dibakar agar kamu dapat memprediksi waktu durasi untuk melakukannya. Kemudian kamu juga sudah dapat mengontrol jadwal untuk berolahraga. 

Memiliki tubuh sehat langsing dan cantik memanglah sesuatu yang didambakan oleh banyak kaum hawa. Tak terkecuali yang sudah menikah bahkan lansia, dengan memiliki berbagai alasan dan latar belakang takhayal membuat seakan berlomba untuk mendapatkannya. Hal tersebut memang tak salah rasanya, memang sudah menjadi kodrat dari Sang Khalik bahwa wanita diciptakan sebagai makhluk yang cantik dan ingin selalu menjadi pusat perhatian. Namun sejogjanya, jangan terlalu terobsesi dan berlebihan. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan tak baik bukan? yang terpenting ialah bersyukur untuk selalu sehat. Nikmat adalah sesuatu yang bersifat universal dan kesehatan pun masuk kedalam salah satu bentuk nikmat. Oleh sebab itu, sayangi lah tubuh kamu, karena jikalau kamu merasa tak perduli dan bahkan bersifat acuh. Niscaya sama saja kamu tak menghargai penciptaNya.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal cara cepat olahraga untuk diet atau menurunkan berat badan. Semoga dapat membantu dan dijadikan sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya yang ingin mencoba untuk hidup sehat dan cantik alami.

0 Response to "Cara Cepat Olahraga Untuk Diet atau Menurunkan Berat Badan "

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.