Aturan Cara Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan | Kurus Langsing

Diet sehat untuk menurunkan berat badan, siapa yang menginginkan tubuh langsing? ya, saya rasa itu idaman dari setiap kaum hawa. Dengan tubuh langsing, penampilan akan lebih menarik dan lebih diterima oleh masyarakat. Hampir diseluruh dunia, para wanita berjuang keras demi memiliki tubuh ideal, meski banyak pula diantara mereka menemui jalan buntu dan frustasi.

Melakukan diet berarti membatasi dengan cermat konsumsi kalori pada jenis makanan tertentu. Dimana dari kebiasaan yang menyantap segala jenis makanan, saat ini harus dipaksa untuk dihindari dan dikurangi. Biasanya jenis makanan yang dihindari pada saat proses diet adalah makanan yang mengandung kolestrol atau lemak jenuh. Kemudian untuk jenis makanan yang dikurangi adalah makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Menurunkan berat badan dengan cara diet, pada hakekatnya harus dilakukan dengan cara yang benar. Pasalnya demi hasil yang efektif dibutuhkan wawasan tentang tata cara yang benar, tak sedikit pula berdasarkan alasan kurangnya pengetahuan alhasil dapat berakibat jatuh sakit bahkan berakhir di rumah sakit. Oleh karena itu, untuk menghindarkan dari hal-hal yang tak diinginkan haruslah kamu mengetahui terlebih dahulu tata cara diet sehat cepat turunkan berat badan. Akan sangat baik bila kamu berkonsultasi terlebih dahulu perihal program diet pada ahlinya. Dewasa ini sudah banyak di dapati para pakar kesehatan atau pun dokter khusus ahli nutrisi dan makanan yang siap membantu kamu. Carilah yang sudah benar-benar terbukti atau berkompeten terhadap bidang ini, agar kelak kamu tak menyesal di lain hari.

Pada kesempatan yang lalu, saya telah mengulas tentang resep menu diet sehat. Mungkin hal tersebut dapat sedikit berguna bagi kamu atau para pembaca lainnya, guna untuk mendapatkan sedikit referensi dari menu makanan diet sehat setiap hari. Ada banyak pendapat tentang apa dan bagaimana yang dimaksud dengan program diet yang benar. Mengingat begitu banyaknya cerita atau tips yang beredar luas di masyarakat, seakan membuat diri ini terpanggil untuk paling tidak memberikan gambaran singkat guna meluruskan tips-tips diet tersebut. 

Dalam kesempatan ini, saya mencoba mengulas perihal aturan cara diet sehat untuk menurunkan berat badan atau kurus langsing. Sekedar untuk tujuan sharing dan berharap semoga informasinya dapat digunakan atau setidaknya sedikit menambah wawasan bagi kamu yang ingin mencoba diet sehat dan alami.
cara diet sehat
cara diet sehat

Seperti dalam penjelasan sebelumnya, bahwa seperti yang telah kita sadari bersama saat ini banyak persepsi yang berbicara tentang cara diet sehat. Beberapa diantaranya menyarankan untuk menghentikan mengkonsumsi karbohidrat sama sekali dan meningkatkan jumlah asupan protein hewani atau daging, guna agar tercapainya tubuh menjadi kurus. Namun, ternyata para ahli gizi menegaskan bahwa cara diet tersebut adalah salah dan disinyalir berdampak negatif bagi kesehatan tubuh di kemudian hari. Para ahli tersebut menjelaskan bahwa diet yang benar haruslah memperhatikan kualitas dan kuantitas terhadap makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Namun haraplah selalu diingat, bahwa menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan secara drastis. Sangat diperlukan kedisiplinan dan kesabaran demi mencapai tujuan tersebut. Akan tetapi, kamu tak perlu berkecil hati, mendapatkan tubuh langsing sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Berikut ini saya mencoba berikan sedikit tips aturan diet yang dapat kamu jalankan,
  1. Kurangilah porsi makan kamu. Hal ini terbilang hal yang sepele, namun masih banyak pihak yang salah dalam mengansumsikannya. Pola makan diet yang benar bukanlah sama sekali tidak mengkonsumsi nasi, akan tetapi kamu cuku mengurangi jumlah porsinya saja. Sebagai contohnya, jika dalam biasanya kamu menghabiskan porsi nasi 1 piring. Sekarang mulailah kurangi jumlah tersebut hingga 3/4 porsi saja dan kemudian menjadi 1/2 porsi. 
  2. Hindarilah makanan yang kaya akan lemak jenuh seperti daging contohnya. Gantilah dengan makanan tinggi protein nabati seperti tahu, tempe atau kacang-kacangan.
  3. Kemudian konsumsilah makanan yang kaya serat agar dapat dicerna dan terbebas dari sembelit. Contoh makanan berserat tinggi adalah semua bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayur atau buah.
  4. Bagi kamu penggemar aneka cemilan, cobalah ubah sedikit kebiasaan kamu yang gemar menyantap jenis makanan junk food atau fast food. Sebagai contoh aneka cake yang mengandung banyak mentega, gula dan cokelat, gorengan, bakso dan lainnya. Kamu dapat mengganti kegemaran kamu menyantap aneka makanan tersebut, dengan buah-buahan atau salad.
Itulah beberapa sedikit tips yang patut untuk kamu coba demi keinginan mendapatkan tubuh yang kamu dambakan. Selain dari tips tersebut, ada baiknya kamu pun perlu kiat-kiat lainnya yang membantu kesuksesan program diem yang kamu jalani. Berikut adalah kiat khusus untuk menjalani diet yang sukses,
  • Selalu bergerak aktif , maksud dari ungkapan tersebut ialah kamu diharuskan memperbanyak gerak tubuh. Jangan membiasakan diri untuk bermalas-malasan. Sebagai contoh, kamu dapat melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu ataupun bila biasanya kamu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci maka kali ini cobalah untuk melakukannya secara manual. 
  • Melakukan jalan santai, hal ini terdengar simple namun cukup besar peranannya bagi kesuksesan diet kamu. Cobalah untuk berjalan santai di halaman rumah ataupun di sekitar lingkungan tempat tinggal kamu.
  • Buat catatan daftar menu makanan kamu, kamu dapat mencatat semua makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap harinya, bertujuan agar kamu dapat mengontrol pola makan kamu.
  • Ukur berat badan, timbanglah berat badan kamu satu kali seminggu atau ketika kamu merasa perlu melakukannya. Hal tersebut tergolong penting, guna kamu dapat mengontrol berat badan kamu.
  • Minta dukungan, meski terdengar sepele namun itu merupakan faktor penting dalam membangun psikologis kamu. Kamu dapat meminta dukungan dari keluarga atau orang-orang terdekat.
  • Selektif, kamu diharuskan untuk cermat memilih makanan dan minuman sehari-hari. Pilihlah makanan sehat, kaya akan serat, rendah kalori dan non-kolestrol. Jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dirasa paling tepat untuk dikonsumsi. Asalan itulah yang dianggap paling logis, mengapa orang yang mempunyai gaya hidup vegetarian tak ppernah mengalami permasalahan berat badan. Bahkan cenderung memiliki tubuh langsing, terlihat segar, jarang sakit dan awet muda. Bagi kamu yang gemar mengkonsumsi minuman jenis soda, cobalah mulai saat ini mengganti dengan air putih atau jus buah dan sayuran.
Tak ada salahnya bukan jika kamu mencoba kiat-kiat tersebut. Selain baik dalam proses diet kamu, tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Menjalani pola hidup sehat memanglah dirasa tak ada ruginya, Selain kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit kronis dan bahkan tak menutup kemungkinan dapat memperpanjang kehidupan seseorang. Kembali lagi dalam topik pembahasan cara diet sehat kali ini, bila biasanya kamu melakukan program diet dengan teknik yang sudah banyak kamu ketahui. Saya rasa ada baiknya pula kamu mengetahui beberapa teknik dibawah ini. Tujuannya agar menambah sedikit ppengetahuan dan dapat di asimilasikan dengan teknik yang sudah kamu ketahui guna lebih menyempurnakan kembali. Berikut adalah beberapa teknik diet yang dapat kamu jalankan,
  1. Pertama waspadalah terhadap jumlah kalori yang terkandung dalam makanan atau minuman kamu. Minuman adalah salah satu sumber kalori yang cukup besar. Sebagai contoh berasal dari beberapa jenis jus yang diberi pemanis buatan, minuman beralkohol, soft drink ataupun minuman jenis soda lainnya. Untuk itu sebelum kamu memakan atau meminum sesuatu, ada baiknya kamu periksa terlebih dahulu kandungan dan jumlah kalorinya yang terdapat pada lebel kemasan.
  2. Hindarilah keripik, permen cokelat atau kukis. Cemilan tersebut seperti yang telah banyak diketahui, bahwa terkandung didalamnya banyak mentega dan gula. Tentu hal tersebut beresiko meningkatkan timbunan lemak di dalam tubuh. Cobalah ganti cemilan tersebut dengan makanan ringan yang rendah kalori seperti wortel, apel atau wafer gandum.
  3. Biasakan menyantap hidangan pembuka. Mulailah sejak saat ini untuk menikmati terlebih dahulu makanan pembuka sebelum menu hidangan utama. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu lekas merasa kenyang sebelum hidangan utama habis. Artinya, tak lain dan tak bukan untuk membuat kamu makan lebih sedikit dari biasanya.
  4. Jangan habiskan semua hidangan yang disajikan. Kamu diharuskan memilih jenis makanan yang tepat atau sesuai untuk program diet kamu.
  5. Makanlah dengan perlahan. Terkadang ada sebagian orang yang mempunyai kebiasaan melahap dengan tempo cepat setiap kali makan. Jika dipikir, mengapa kita harus terburu-buru saat makan? tak ada salahnya memang jika demian, akan tetapi ada baiknya pula kamu mencoba menikmati makanan seraya memperhatkan rasa, bentuk tampilannya atau hal-hal menarik lainnya, sambil mendengar kata hati yang mengatakan 'bahwasanya kamu sudah merasa kenyang'. 
  6. Berbagilah makanan dengan orang lain. Terkadang rumah makan ataupun restorang menyiapkan makanan dengan porsi yang cukup besar. Ya, dirasa cukup menjadi pilihan yang bijak bila kamu dapat berbagi porsi tersebut dengan teman.
  7. Tidak perlu hidangan pencuci mulut. Istilah makanan penutup atau yang biasa dikenal juga dengan dessert biasanya berupa aneka kue-kue manis, puding, es krim dan sebagainya. Demi kesuksesan diet sehat kamu sebaiknya coba dihindari. Akan tetapi bagi kamu yang sudah terbiasa mempunyai pola makan seperti itu, tak perlu ambil pusing. Kamu dapat mengganti semua jenis hidangan tersebut dengan aneka buah-buahan. Tentu lebih sehat bukan?
  8. Jangan tergoda oleh iklan. Terdengar kurang masuk di akal memang, namun patut di sadari atau tidak biasanya kita terpengaruh oleh iklan tersebut. Pabrik makanan selalu berusaha konsumenagar terus mengkonsumsi produk mereka. Alasannya ya, tentu saja untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya. Maka tak heran jika terkadang mereka tak ragu untuk membodohi masyarakat tentang gizi dan kesehatan. Sehingga disinilah peran kecerdasan kamu dituntut untuk ambil peran. Jangan mudah tergoda dengan segala teknik promosi yang dilakukan.
Dari seluruh pejelasan tentang serba serbi cara diet sehat diatas, tentulah kamu dapat mengambil sebuah pembelajaran agar kelak kamu dapat melakukan diet sehat yang benar. Dengan pola dan teknik diet yang benar, tentulah mempunyai tubuh kurus langsing ideal bukanlah sekedar angan belaka. Mulailah sejak saat ini merubah secara sedikit demi sedikit dengan pola hidup sehat dan lebih teratur. Tentulah tubuh sehat yang di dambakan dapat terwujud. Mengutip kata mutiara dari seorang DeForest Clinton Jarvis, mengatakan 'Jauh lebih sulit membuat orang sehat dari pada membuat mereka sakit'. Rasanya ungkapan tersebut layak untuk sejenak direnungkan mengingat maknanya yang begitu mendalam tentang kesehatan. Bayangkan jika kesehatan itu begitu murah bagi mereka yang sehat dan berapa mahalnya bagi mereka yang sakit. Sayangi lah tubuhmu, kelak itu akan menjadi sangat berharga dibandingkan hartamu.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal aturan cara diet sehat untuk menurunkan berat badan atau kurus langsing. Semoga dari apa yang telah disampaikan dapat sekiranya bermanfaat guna kamu atau para pembaca budiman lainnya, tentang tips mudah cara cepat sehat dan cantik alami.

0 Response to "Aturan Cara Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan | Kurus Langsing "

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.