Khasiat atau Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pisang seperti yang telah banyak diketahui, bahwasanya buah berwarna kuning ini selain memiliki rasa yang enak, ternyata juga sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Sudah banyak penelitian yang dilakukan para ahli tentang khasiat pisang untuk melawan beberapa jenis penyakit, dan bahkan buah pisang pun ternyata sangatlah baik bila dikonsumsi bagi kamu yang sedang hamil atau mengandung.

Seperti yang telah banyak diketahui pula, bilamana sama seperti tanaman bambu yang memiliki banyak manfaat dari hampir seluruh bagiannya, pohon pisang pun demikian. Sehingga membuat pohon pisang kian erat dengan kehidupan sehari-hari. Kegunaan pisang mulai dari bagian yang sering disebut dengan 'Jantung pisang' yang dapat diolah menjadi sebuah masakan atau sayur, kemudian daunnya yang dapat digunakan menjadi pembungkus makanan, bahkan hingga batang pohonnya yang dapat diolah menjadi masakan di daerah Papua. Maka tak heran, jikalau pohon pisang dapat dijumpai dengan mudah hampir diseluruh bagian Indonesia. 

Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya, diketahui bahwasanya kandungan pisang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, terdapat pula banyak kandungan vitamin dan juga mineral sehingga sangat baik bila dikonsumsi. Gizi yang terkandung didalamnya antara lain seperti kalori, serat, karbohidrat, kalium, magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks dan masih banyak lagi. Kemudian beberapa vitamin dan juga mineral seperti contohnya karoten, kolin, folat, vitamin E. Melihat begitu besar nilai kandungan yang dimiliki oleh buah pisang, maka sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin mempunyai energi untuk sepanjang hari, mulailah dengan mengkonsumsi pisang pada saat sarapan. Selain itu, bagi kamu yang gemar berolah raga, tentunya pisang juga memberikan energi tambahan sebelum melakukan aktifitas tersebut dan bila setelah berolah raga pun pisang dapat menggantikan energi yang telah terkuras. Sehingga kamu pun tetap bisa bersemangat kembali.

Buah pisang atau yang dikenal juga dengan nama ilmiah 'M.Acuminata', selain baik bagi kesehatan tubuh, ternyata buah yang satu ini juga sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Khusus untuk kamu yang ingin mengetahui manfaat apa saja yang dimiliki buah pisang, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu dalam konten artikel saya kali ini.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan coba memaparkan secara detail perihal khasiat atau manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Semoga kiranya dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki pola hidup sehat guna tercapainya tubuh yang bugar.

manfaat pisang
khasiat atau manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh

Bila kamu termasuk sebagai salah satu orang yang gemar akan buah pisang, tentulah itu sangat baik bagi tubuh kamu. Namun, lain halnya jika kamu kurang suka dengan pisang, maka agak disayangkan. Pasalnya seperti dalam penjelasan saya di awal, buah pisang memiliki begitu besar manfaat bagi kesehatan tubuh. Jikalau kamu termasuk orang yang mudah lelah, kurang bersemangat ataupun agak pucat, itu bisa saja terjadi karena tubuh kamu kurang mendapatkan asupan makanan bergizi. Mungkin dengan kamu mengkonsumsi pisang, itu adalah solusinya. Dikarenakan pisang memiliki kandungan gizi yang cukup baik, jika dibandngkan buah-buahan lainnya, alhasil pisang sangat disarankan oleh dokter ataupun para pakar kesehatan. Selain sangat beguna untuk menjaga vitalitas dan daya tubuh, pisang ternyata juga sangat baik bagi kamu yang sedang melakukan program diet sehat alami, pasalnya pisang dapat digunakan sebagai pengganti sumber karbohidrat yang berasal dari nasi. Selain itu, ternyata terdapat pula manfaat pisang untuk ibu hamil.

Berikut adalah berbagai manfaat dari buah pisang bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga tekanan darah
Bagi yang mengalami tekanan darah tinggi, ada baiknya untuk dapat mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kalium, kalsium dan magnesium. Semua yang dibutuhkan itu terdapat dalam buah pisang, sehingga buah pisang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

2. Mengurangi resiko stroke
Jumlah kandungan kalium tinggi yang terdapat dalam pisang, sudah terbukti dapat mengurangi serangan stroke. Sehingga sangat baik bagi orang dewasa keatas ataupun lanjut usia agar mengurangi resoki tersebut.

3. Meningkatkan kesehatan tulang
Bagi para lanjut usia, memang tak dapat dipungkiri bahwasanya tulang-tulang dalam tubuh kehilangan daya keelastisannya dan kepadatannya pun menurun. Sehingga resiko akan osteporisis pun sangat rentan terjadi dalam umur seperti ini. Namun tak perlu khawatir tentang hal tersebut, akrena dengan rajin mengkonsumsi pisang, kamu dapat meningkatkan kesehatan tulang. Dalam buah pisang terdapat bakeri probiotik yang sangat bagus untuk menyerap kalsium. Sehingga mengecilkan kemungkinan akan penyakit tersebut.

4. Mengurangi resiko kanker
pola makan tak sehat memang tinggi akan beresiko kanker. Namun dalam buah pisang terdapat antioksidan dan kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk mengurangi resiko kanker, terlebih kanker usus.

5. Mengatasi anemia
buah pisang mengandung zat besi yang tinggi guna dapat meningkatka hemoglobin, sehingga sangat dianjurkan bagi para penderita anemia.

6. Menambah energi
sudah bukan rahasia umum lagi, jikalau banyak para olah ragawan yang secara rutin mengkonsumsi pisang. Dikarenakan dalam buah pisang, terdapat gula yang dapat diubah secara alami oleh tubuh guna menghasilkan energi lebih.

7. Menurunkan kolestrol
Dalam buah pisang terdapat sebuah serat pektin. Pektin merupakan sebuah senyawa kompleks yang dapat berguna untu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

8. Mengobati diare
selain dapat menurunkan kolestrol, serat pektin juga dipercaya sangat ampuh untuk mengobati sakit diare dan juga sangat baik untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh.

9. Menjaga kesehatan ginjal
buah pisang mengandung jumlah kalium yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Terdapat pula senyawa fenolik antioksidan yang bilamana dikonsumsi dengan sayuran dapat pula menjaga kesehatan ginjal.

10. Mengobati ambein
pisang dapat pula memperlancar buang air besar dan mengobati ambein serta ganguan lain seperti sembelit ataupun meningkatkan fungsi usus.

11. Mencegah alergi
mengandung asam amino jinak yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai jenis alergi.

12. Mengatasi mabuk
bagi kamu yang mempunyai kebiasaan mabuk dalam perjalanan, ada baiknya untuk mencoba hal ini. Kamu dapat mencampurkan pisang dengan madu serta yoghurt untuk mengurangi hal tersebut.

13. Mengurangi keinginan merokok
Bagi kamu yang ingin mulai berhenti dari kebiasaan menghisap rokok, pisang dapat menjadi salah satu alternatif dapat teraphi akan hal tersebut. Pasalnya buah pisang mengandung vitamin B6 dan B12, yang sangat baik untuk menekan keinginan untuk menghisap rokok.

14. Mencegah insomia
bagi kamu yang sering mengalami insomnia ataupun ganguan susah tidur, kamu dapat mencoba mengkonsumsi pisang beberapa jam sebelum tidur. Hal tersebut dapat membantu agar dapat tidur lebih nyenyak. Dikarenakan pisang sangat kaya akan zat asam amino 'Tryptophan', hal tersebut dapat memicu tubuh untuk memproduksi zat tidur 'Melatonin' agar mata mengantuk dan tertidur.

15. Mengurangi gejala depresi dan perubahan mood diakibatkan masa pra menstruasi 'PMS'
dikarenakan pisang memiliki kandungan vitain B6 yang cukup tinggi, selain zat vitamin tersebut selain berguna sebagai teraphi keinginan merokok, ternyata juga dapat berguna untuk mengurangi gelaja depresi dan perubahan mood yang diakibatkan gejala PMS.

16. Menurunkan berat badan 
seperti dalam penjelasan diatas, pisang memang sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Dikarenakan selain pisang mudah dicerna, selain itu juga mengandung banyak serat dan rendah akan lemak.

17. Menikatkan berat tubuh
jika sebelumnya pisang sangat berguna untuk diet, ternyata pisang juga berguna bagi kamu yang ingin mengingkatkan berat tubuh. Mungkin kamu termasuk dalam orang yang mempunyai jenis tubuh yang kurang berisi, kamu dapat mencoba mengkonsumsi pisang dan susu. Karena pisang mengandung gula alami dan sedangkan susu mengandung protein, tentulah kedua hal tersebut sangat membantu bagi kamu yang ingin mempunyai berat tubuh proposional.

18. Mengobati sakit maag
kandungan gizi dan tektur lembut pisang sangat berguna bagi kamu yang mempunyai gangguan asam lambung tinggi. Dikarenakan buah pisang mengandung substansi antasida yang membantu untuk mengobati sakit maag.

19. Mengatasi luka lambung
selain mengobati sakit maag, pisang juga berguna untuk dapat melindungi terhadap kerusakan lambung. Pasalnya pisang mampu untuk menghasilkan sel-sel pelindung lapisan perut, kemampuan pisang tersebut karena didalamnya terdapat sebuah zat 'proetase inhibitor', yang dapat menghilangkan bakteri jahat dalam perut.

20. Meningkatkan fungsi otak dan syaraf
bagi anak yang masih dalam tahap perkembangan, rasanya mengkonsumsi pisang sangatlah baik. Karena seperti yang telah diketahui, bahwa didalam pisang terdapat vitamin B yang dapat meningkatkan fuungsi syaraf. Selain itu terdapat pula kalium, yang sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan mental sangat baik dalam proses belajar.

21. Meningkatkan kesehatan pencernaan
memiliki bakteri baik yang dapat merangsang pertumbuhan dan aktifitas probiotik dalam usus besar, serta menghasilkan enzim yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh.

22. Menyembuhkan luka bakar
jikalau kamu mempunyai luka akibat terbakar, ada baiknya kamu mencoba tips ini. Kamu cukup oleskan saja buah pisang yang telah dihaluskan pada luka tersebut. kemudian lakukan secara rutin hingga 2 atau 3 hari kedepan , maka sudah dapat dilihat khasiatnya. Selain itu, mengoleskan buah pisang juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka tersebut.

23. Menurunkan panas
bila kamu atau anggota keluarga lainnya, mengalami panas tinggi mungkin sebagai langkah awal, kamu dapat mencoba memberikan buah pisang sebagai penanganan pertama. Buah pisang dapat digunakan sebagai penurun panas, bila sedang terjadi demam.

24. Sangat baik bagi wanita hamil
ya, seperti dalam penjelasan diatas. Bahwa buah pisang memang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, hal ini terjadi dikarenakan dalam buah pisang kaya akan asam folat. Zat ini sangat penting bagi pembentukan dan perkembangan syaraf, otak dan sumsum tulang belakang dalam usia kandungan. Kemudian setiap 200 gram buah pisang ternyata terdapat 10 mg kalsium alami. Kalsium ini, sangat berguna untuk kelancaran pertumbuhan bayi serta memperlancar kontraksi otot dalam kandungan. Selain itu, masih terdapat manfaat lainnya yaitu dengan cara mengkonsumsi buah pisang secara teratur, dapat memperkecil kemungkinan janin bayi yang prematur ataupun cacat.

Selain penjelasan di atas, mengenai manfaat dari buah pisang. Masih terdapat lagi banyak manfaat lainnya, salah satu contohnya ialah sebagai pisang untuk menghilangkan jerawat. Mungkin kamu mempunyai permasalahan terhadap jerawat? ya, tak perlu khawatir. Mungkin kamu dapat mencoba metode alami ini. Caranya cukup mudah, kamu hanya diharuskan mengambil pisang secukupnya, lalu oleskan pada jerawat diwajah dan diamkan selama 10-15 menit, barulah basuh dengan air. Lakukan terus hingga jerawat benar-benar hilang. Kemudian bila kamu ingin mengatur kadar gula dalam darah, kamu dapat mencoba secara rutin memakan buah pisang pada saat pukul 09.00 pagi, lalu 14.00 siang dan setelah makan malam. Lakukan secara teratur, maka akan dapat dirasakan perbedaannya.

Bagaimana, cukup banyak bukan khasiat atau manfaat dari buah pisang bagi kesehatan tubuh? marilah mulai saat ini untuk mulai gemar mengkonsumsi buah yang satu ini. Jika mengingat akan kebesaranNya, Tuhan merupakan suatu zat Maha Adigdaya yang dapat melakukan semua hal dengan kekuatannya. Termasuk untuk memberikan cobaan terhadap hambanya, dengan bermaksud mungkin agar hambanya dapat berubah menjadi kian lebih baik kembali. Namun perubahan tersebut, tidaklah semata-mata datang begitu saja, perubahan tersebut dapat teralisasikan bagi kaum yang berfikir. Ada banyak bentuk cobaan tersebut. Salah satunya ialah melalui beberapa penyakit, akan tetapi Tuhan pun Maha Pengasih dan Penyayang. Sehingga Ia pun memberikan pula obat penawarnya. Selalu bersyukur dan terus berfikir positif, itu pun termasuk salah satu obat yang sangat ampuh bagi penyakit hati.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal khasiat atau manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Semoga kiranya informasi yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang aneka tips mudah cara cepat sehat dan cantik alami.

Kamu dapat juga membaca Tips menghilangkan jerawat dengan es batu secara ampuh.

0 Response to "Khasiat atau Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.