Mengapa Jambu Biji Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Jambu Biji merupakan salah satu buah yang cukup digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, manis dan juga harga yang terbilang terjangkau membuat Jambu Biji begitu familiar di Indonesia. Banyaknya budidaya tanaman jambu biji yang tersebar diberbagai daerah membuat mudah masyarakat untuk mendapatkan buah ini. Dikarenakan perawatan tanaman ini pun terbilang cukup mudah dan tak membutuhkan perawatan khusus.

Seperti yang telah banyak diketahui oleh khalayak umum, bahwasanya buah jambu biji banyak terdapat jenisnya seperti contohnya Jambu Biji Merah, Jambu Biji Kristal, Jambu Biji Australia, Jambu Biji Bangkok, Jambu Biji Sukun dan masih banyak lagi varian lainnya. Namun selain memiliki rasa yang lezat, ternyata jambu biji pun menyimpan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Sebagai buah yang tinggi akan vitamin C, ternyata kandungan lainnya pun sangat berkhasiat guna menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Ingin tau manfaat lebih dari buah jambu biji? ada baiknya kamu simak dalam konten artikel dibawah ini.

Pada malam ini saya akan memaparkan secara detail perihal mengapa Jambu Biji sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga dari segala informasi yang akan disampaikan nantinya dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya.

Jambu Biji
Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh
 Apakah kamu tau sejarah atau asal usul Jambu Biji? baiklah, saya akan mencoba menjelaskan secara singkat. Jambu Biji atau yang dikenal juga dengan Jambu Klutuk atau Jambu Batu. Buah unik ini pada awalnya bukanlah tanaman/buah asli Indonesia, melainkan berasal dari Brazil. Kemudian mulai disebarkan secara luas hingga Asia. Pada awalnya tanaman jambu biji ini masuk ke Indonesia melalui Thailand. Dikarenakan iklim dan cuaca di Indonesia hampir serupa dengan negara asalnya, membuat tanaman jambu biji ini dapat dibudidayakan hingga saat ini. 

Tanaman jambu biji (Psidium Guajava) atau dalam bahasa ingris disebut dengan Lambo Guava, memiliki bentu perdu setinggi 5-10 meter dan batang kayu berbentuk bulat. Kulit luar batang tersebut umumnya bertekstur licin dan mengelupas. Untuk daun jambu biji berupa daun tunggal berbentuk bulat telur dengan tulang daun menyirip. kemudian ujung daun tumpul dan pangkalnya membulat. Panjang daun jambu biji rata-rata sekitar 6-14 cm dengan lebar sekitar 3-6 cm. Kandungan pada jambu biji memiliki zat samak, minyak atsiri, tri terpinoid, leukosianidin, kuersetin, asam arjunalot, resin dan minyak lemak. Oleh karena buah ini memiliki banyak khasiat, beriku adalah khasiat jambu biji,
  • Anti inflamasi, yaitu merupakan obat yang dapat mengurangi dan meredakan gejala-gejala peradangan.
  • Hemostatik, yaitu obat yang dapat digunakan untuk mengurangi dan menghentikan pendarahan.
  • Astringent, dalam kesehatan yaitu mampu untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi kulit. Sedangkan untuk kecantikan yaitu mampu digunakan sebagai pengencang kulit, mengecilkan pori-pori dan membuat lapisan pelindung pada kulit.
Apakah kamu tau mengapa disebut dengan Jambu Bangkok? jambu biji jenis ini disebut demikian karena merupakan hasil persilangan dengan cara stek atau okulasi dengan jenis lainnya, sehingga menghasilkan buah dengan jumlah biji yang sedikit atau bahkan tanpa biji sama sekali. Dikarenakan lokasi persilangan ini pertama kali ditemukan di Bangkok, maka lambat laun buah jambu biji ini dikenal dengan nama Jambu Bangkok. Sebelum lanjut baca pula tentang Resep Menu Diet Sehat.

Melihat begitu banyak potensi dan manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh, banyak para dokter yang menganjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Berikut adalah beberapa contoh manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh,
  •  Menyehatkan Tiroid
Yaitu sebuah zat yang berada dibawah jakun yang bertugas mengatur segala sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga penting bagi peranan zat Tiroid ini dalam tubuh manusia. Dimana buah jambu biji merupakan sumber yang baik sebagai zat tembaga, yang bertugas mengatus metabolisme Tiroid, agar dapat membantu dengan baik untuk mengatur hormon dan penyerapan.
  • Mengurangi Hipertensi
Didalam buah Jambu Biji terdapat zat serat yang cukup tinggi dan sebuah zat kandungan yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Namun terlalu banyak mengkonsumsi zat ini secara berlebih pun kurang baik, pasalnya terlalu darah merah pun kurang baik bukan? Manfaat lain dari buah ini dapat mencegah penebalan darah, mengurangi jumlah kolestrol dalam darah dan juga dapat memicu Jantung agar bekerja lebih baik, sehingga dapat mencegah gejala terjadinya Penyakit Jantung.
  • Mengatasi Diabetes
Seperti dalam penjelasan sebelumnya, yang menerangkan bahwasanya Jambu Biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga dapat pula mengatur penyerapan zat gula di dalam tubuh. Oleh karena itulah bagi para pasien yang menderita Diabetes, ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi buah yang satu ini. 
  • Mengatasi Diare
Mungkin sudah kebanyakan orang telah mengetahui manfaat dari buah Jambu Biji dalam mengobati penyakit pencernaan yang satu ini. Ya, asumsi tersebut memanglah benar adanya. Pasalnya Jambu Biji menjadi obat alami pada banyak kasus infeksinya usus, yang dapat menyebabkan terjadinya diare (Disentri). Cara kerja Jambu Biji dalam mengobati diare adalah dengan mengurangi pertumbuhan zat mikroba jahat pada usus yang terluka. Kemudian mengurangi ledir berlebih yang dapat memicu buang air secara encer. 
  • Mengobati Sembelit
Tentulah kamu setuju bukan, bilamana pencernaan yang terganggu dapat memicu banyak jenis penyakit lainnya? ya, memang benar demikian. Sehingga mengkonsumsi Jambu Biji secara teratur dan benar, sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Pada bagian biji dalam buah jambu, dapat dijadikan obat pencahar alami yang berguna sebagai pembersih usus. Pernah dengar asumsi yang menyatakan bahwa memakan biji jambu atau biji cabai akan menyebabkan usus buntu? Ya, sebenarnya itu hanyalah sebuah mitos belaka. Pasalnya terdapat jawaban dalam ilmu kedokteran yang menjelaskan tentang hal ini. Apakah biji jambu atau biji cabai bisa tersangkut? hal tersebut memang bisa, namun kontraksi dalam usus buntu akan memaksanya keluar melalui fases. Banyak hal yang menyebabkan radang pada usus buntu sebagai contohnya keadaan daya tahan tubuh yang melemah, kotoran yang keras dapat menyumbat pembukanya saluran pada usus buntu (obstruksi fases).
  • Mengobati Batuk dan Demam
Jambu Biji atau daunnya dapat bermanfaat untuk mengurangi jumlah lendir saat batuk. Kemudian dapat pula sebagai obat alami untuk infeksi saluran pernafasan yang diakibatkan oleh virus. Sehingga bilaman kamu sedang batuk adabaiknya untuk mencoba mengkonsumsi Jambu Biji, bisa juga dengan cara di jus atau rebus daunnya. Perihal demam, kandungan vitamin C yang banyak terkandung dalam Jambu Biji mampu menjadi antibody guna mempertahankan daya kekebalan tubuh yang sedang melawan virus, bakteri atau parasit.
  • Mengoptimalkan Penglihatan
Bukan hanya kaya Vitamin C, ternyata Jambu Biji pun kaya akan Vitamin A sama seperti halnya wortel. Sehingga sangat baik untuk mencegah gangguan Karatak, Degenerasi Makular atau ganguan-gangguan lainnya pada penglihatan. Dengan mengkonsumsi Jambu Biji, maka sangat berguna disaat berumur lansia yang semasa tersebutlah sangat rentan terjadinya penurunan kualitas penglihatan.
  • Merawat Kulit
Buah Jambu Biji kaya akan zat astringents, apa itu zat astringets? astringets pada dunia kecantikan yaitu adalah sebuah zat yang berguna sebagai pembersih alami bagi kulit wajah. Pada Jambu Biji yang matang umumnya mengandung lebih banyak zat astringets. Oleh karena itu mengkonsumsi Jambu Biji dapat membunuh jerawat, mengurangi minyak pada wajah, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, membuat lapisan pada kulit dan sebagai pengontrol blackhead. Apakah kamu tau dengan Blackhead? ya, blackhead merupakan komedo yang terbuka dan muncul pada permukaan kulit wajah. Sedangkan whitehead adalah komedo yang tertutup oleh kulit mati sehingga menghalangi keluarnya dari kelenjar minyak dan sel kulit mati dari dalam kulit.
  • Sangat Baik Untuk Diet
Bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau Diet sangat baik untuk mengkonsumsi Jambu Biji. Banyak para dokter ataupun pakar kecantikan yang menrekomendasikan program diet dengan mengkkonsumsi buah Jambu Biji. Pasalnya buah ini kaya akan serat sehingga mampu mengikat makanan pada lambung. Kemudian Jambu Biji juga kaya akan Protein, Vitamin dan Mineral yang mampu membuat kenyang tanpa kolestrol dan karbohidrat yang terkandung. Sehingga bagi kamu yang mengidamkan bentuk tubuh ideal ada baiknya untuk mencoba program diet menggunakan Jambu Biji.

Resep Obat

1. Disentri
  • Daun Jambu Biji 6 gr
  • Kayu Secang 1 gr
  • Rusuk Angin 1 gr
  • Daun Patikan Cina 5 gr
  • Kayu Ules 2 buah
  • Bawang Merah 1 butir
  • Air Infus 120 ml
 Cara membuat
  • Masukkan semua bahan dalam sebuah panci dan rebus sebentar.
  • Dinginkan dan tuang dalam gelas, kemudian konsumsi lah 2x sehari yakni di waktu pagi dan sore hari dengan takaran sekitar 100 ml dan terus ulangi selama 4 hari. 
 2. Diare/Mencret
  • Daun Jambu Biji (muda) 9 lembar
  • kunyit 1 ruas jari
  • Biji Kedaung (disangrai) 4 butir
  • Rusuk Angin 4 gr
  • Air Infus 110 ml
Cara membuat
  • Masukkan semua bahan dalam panci dan rebus sebentar.
  • Dinginkan dan tuang dalam gelas, kemudian minum 2x sehari yakni di waktu pagi dan sore dengan takaran 100 ml dan terus ulangi selama 4 hari.
Dengan kita tau akan manfaat dari buah Jambu Biji ternyata juga mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut mengingatkan pada kita akan Kebesaran Sang Khalik, dimana dengan kharunianya Ia telah menciptakan alam berserta isinya untuk digunakan bagi kaum yang berfikir. Sehingga memang patut kita sadari bahwasanya terdapat jutaan nilai makna dari alam, maka kita hanya butuh untuk merenungkan sejenak, niscaya kita akan mengetahui segala jawaban dari kehidupan ini.
Kamu dapat pula membaca Manfaat Buah Pisang

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal mengapa Jambu Biji sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terima kasih dan semoga dari segala informasinya dapat diterima dan dijadikan sebagai sumber referensi tambahan guna menambah wawasan bagi kamu atau pun para pembaca budiman lainnya sekalian.

0 Response to "Mengapa Jambu Biji Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.